šŸ¦¢ Writings

Nine Books I Read This July šŸ“š

August 01, 2020

Gua sebenernya ga suka baca buku. In fact, sejak 1999-2019 gua baru kelarin sekitarā€¦ 4 buku. Agak memalukan ya, dan gua dari dulu selalu pengen baca buku. Gua kagum juga sama orang-orang yang bisa baca buku cepet, secepet 1 buku sehari. Gapernah ngerti gimana cara mereka kelarin ~400 halaman dalam sehari, waktu gua baca 1984 (George Orwell) tahun 2018 itupun gua sehari 20 halaman maks.

Permasalahan gua untuk baca buku ituĀ attention spanĀ gua yang lemah. Bahkan gua nonton film aja gakuat (maaf untuk temen-temen yang hobi nyaranin film, I really tried to get through the movie but I just couldnā€™t get past the first 15 minutes). Sepertinya attention gua ancur sejak gua mulai sering nonton YouTube, dimana di situ emang banyak 5-10 minutes video kan.

Untuk mencapai tujuan gua, gua membiasakan diri untuk membaca. So far udah lumayan fokus sih gua kalo baca, untuk itu gua sekarang mau ngeshare buku-buku yang gua baca di bulan Juli. Anyway gua baca semua bukunya dalam English, gua gatau apakah terjemahan Bahasa Indonesianya bagus atau tidak, jadi penilaian gua ini untuk versi inggrisnya (karna gua donlot libgen juga hehe).

Canā€™t Hurt Me by David Goggins šŸŒŸ

Gua beli buku non-originalnya HAHAHA idgafff karna gua gaada duitt buat beli buku sebanyak itu. Gua bisa ngabisin 2-3 juta kalo beli 10 buku asli, jadi maafkan kalo gw membaca buku ini secaraĀ illegal. Ini buku yang bener-bener bisa ngejelasin apa yang ada di pikirannya David Goggins untuk mencapai semua keberhasilannya: Navy SEAL, World Record holder in number of pull ups in 24 hours, ultramarathon runner. Dia dulu obese, pemalas, dan mentalnya ga kuat (mirip gua sekarang). Someday dia quit being a loser dan mati-matian ngejar cita-citanya buat jadi Navy SEAL, meskipun dia takut air (bayangin mau jadi angkatan laut tapiā€“ga cuma gabisa berenangā€“takut air). Five stars buat buku ini, kalo lo cowo yang berasa udah paling oke sedunia,Ā read this book to realize how much of a pussy you are.

The ONE Thing by Gary Keller šŸ§­

Gw tau buku ini sejak MJ Demarco sempet nyebutin tentang buku ini di bukunya (bukuception). Gua, seseorang yang respect dengan MJ DeMarco, memutuskan untuk baca buku ini dan kelarin kurang dari 24 jam. Buku ini ngejelasin tentang kenapa kita gaperlu melakukan banyak hal. Cuma ada satu hal doang yang perlu kita lakukan untuk mencapai satu cita-cita kita. Great people with great achievement only needed to doĀ one thing. Ask yourself this every day:Ā Whatā€™s the ONE THING that I can do, such by doing that, everything else will become easier or unnecessary?

The War of Art by Steven Pressfield šŸ”Ŗ

Ini bukan Art of War-nya Sun Tzu ya, tapi War of Art. Buku yang keren karena gua juga punya masalah spesifik yang berusaha untuk dijawab oleh buku ini, yaitu gimana caranya menghasilkan sebuah ā€˜karya seniā€™. Karena banyak bangetĀ resistanceĀ untuk memulai dan menyelesaikan suatu karya seni, atau kerjaan apapun karena sebenernya semua hasil kerjaan ituĀ some sort of artĀ juga dalam perspektif tertentu. Gua jadi bisa mengenalĀ resistanceĀ apa aja yang perlu gua hadapi (contohnya: seeking support?! I know, aneh kan) dan gua harusĀ turn proĀ untuk menghasilkan karya yang signifikan. Bagus bukunya, gua kelarin dalam sehari.

Living with a SEAL by Jesse Itzler

Ini buku cukup singkat sih tentang cerita Jesse Itzler tinggal bareng sama seorang Navy SEAL (yang sebenernya adalah David Goggins tapi disamarin namanya jadi ā€˜SEALā€™ di buku itu). Jadi sehari-hari selama 31 hari, David Goggins ini tiba-tiba bisa nyuruh Jesse ItzlerĀ burpee testā€¦Ā meskipun dia lagi di kantorā€¦ perusahaanya sendiri. Tiba-tiba Goggins juga bisa nyuruh dia lari 4 mil (6,4 KM)ā€¦ every 4 hoursā€¦ for 48 hours. Dan bahkan semuanya itu dia lakuin bukan waktu liburan, melainkan waktu lagi berusaha launching salah satu brand minuman air kelapa (Zico). Kocak bukunya, gua jadi semakin mendalami mental gilanya Goggins. Seru dan lucu bukunya, gw bisa kelarin dalam sehari.

Outliers: The Story of Success by Malcolm Gladwell

Ini buku hasil challenge gua dan Ira, dimana kita pengen baca buku dengan start bersamaan. Gua sebenernya ga terlalu tertarik awalnya untuk baca buku ini, soalnya kaya aga cringe gitu tentang ā€™suksesā€™. Tapi ternyata buku ini cukup saintifik dimana dia ngejelasin kenapa beberapaĀ group of peopleĀ **itu bisa mencapai sesuatu. Ternyata karena mereka berhasil mengeksploitasi opportunity (kalo bahasa gue: unfair advantage) yang mereka punya. Contohnya Bill Gates dan Paul Allen, mereka lahir di saat yang tepat banget dimana ketika dia usia 20-an, Altair 8800 juga dirilis, dan mereka bisa bikin software di komputer itu. Mungkin kalo Bill Gates lahir 5 tahun lebih awal, dia saat itu mungkin udah punya keluarga dan gapunya waktu untuk siang-malam hacking Altair 8800. Well written emang bukunya Gladwell, gw kelarin buku ini dalam 48 jam.

The Hitchhikerā€™s Guide to the Galaxy

Fiksi pertama yang gua baca sejak 1984, kocak ceritanya dan eksploratif juga. Fun fact: ini salah satu buku favoritnya Elon Musk. Kalo mau baca, baca aja cuma ga nyampe 200 halaman kok. Cleared this book in a day.

The $100 Startup by Chris Guillebeau

Gua gasuka bukunya, ini cuma kumpulan ceritaĀ small businessĀ yang intinya adalah mengejar passion. Ga cocok untuk anak muda yang masih punya kesempatan untuk belajar banyak hal. Kayanya gw kelarin sekitar 2 hari.

Manā€™s Search for Meaning by Viktor E. Frankl

Nah ini dia buku yang katanya salah satu yang paling influential. Tapi sebenernya gua udah dapet banyak pemikiran Viktor E. Frankl dari lecturenya Jordan Peterson. Tapi ga akan nyesel bacanya kok, lagipula cuma 200an halaman. Gw kelarin sehari.

Deep Work by Cal Newport

Kayanya ini buku yang paling well-written yang gua baca bulan ini deh. Bener-bener saintifik dan gaĀ cherry picking.Ā Dia ngejelasinĀ deep workĀ itu penting untuk produktivitas, obvious banget kan? Meskipun begitu tetep susah untuk ngejalaninnya. Throughout the book gua belajar banyak tentang cara-cara praktikal untuk implementasi deep work di hidup gua. Kalo punya waktu, boleh dibaca. Gw kelarin sekitar 3 hari.


Written by Febrilian Kristiawan , a medical student and web developer, documenting things here in my personal site. Twitter

Ā© 2020 Febrilian Kristiawan